Gejala, Patogenesa dan Diagnosa Radang Ginjal (Nephritis) pada Hewan

Nephritis bearti keradangan pada ginjal. Kata ini brasal dari bahasa Yunani ”nephro” yang berarti ginjal dan ”itis” berarti keradangan.Perubahan-perubahan pada ginjal dapat dibagi dalam dua bagian yaitu:
  1. Perubahan-perubahan ginjal yang tidak mempunyai hubungan langsung dengan kuman-kuman. Ia disebabkan oleh radang primer dibagian lain dan radang sekunder pada dinjal disebabkan sebagai akibat reaksi reaksi alergik
  2. Perubahan-perubahan ginjal yang langsung disebakan oleh kuman. Prose-proses ini biasanya bersifat puulen.Tejadinya disertai dengan kehilangan jaringan dan seamnya berakhir dengan jaringan parut.

Selain itu dapat juga perubahan yang disebabkan oleh kerusakkan primer tubuli. Hal ini dapat disebabkan oleh disfungsi glomeruli, artinya permeabilitas glomeruli bertambah. Oleh karena hal ini maka terjadilah penyerapan kembali zat-zat didalam epitel tubuli yang mengakibatkan degenerasi sel-sel ini.

Nephritis kronis merupakan merupakan keradangan pada ginjal yang disebabkan berbagai faktor. Peyeabnya meliputi banyak faktor, penyakit biasnya berlangsung lambat, fungsi ginjal meurun secara progresif, biasanya ditemukan secara mendadak. Melalui pemeriksaan urinalisis rutin BUN dan kreatinin, maka penyakit dapat diketahui. Prognosanya sangat buruk.

Etiopatogenesis dari Nepritis merupakan suatu gabungan prose-proses yang melibatkan:
  1. Komponen komponen ginjal (glomeruli, tubuli, interstitium). Glmerulus dan tubulus bersangkutan membentuk satu unit nefron. Perubahan pada glomeruli akan menyebabkan peubahan pada tubuli dan sebaliknya.
  2. Perubahn-peubahan degeneratif atau nekrotik pada eitel tubuli mngaibatkan proliferasi jaringan ikat dalam interstitium.

Nepritis dimulai dalam jaringan ikat sebagai respon radang eksudatif dan produktif (edema, infiltrasi sel radang, dan pertumbuhan aktif fibroblas). Pertumbuhan sel-sel terjadi intertubuler, periglomeruler, dan perivaskuler. Radang ini biasanya tersebar secara loal diseluruh ginjal, terutama didalam kortek. Bila radang menjadi sub akut atau menahun maka banyak tubuli yang atropi dan tempatnya digatikan oleh jaringan ikat.Dalam stadium ini bila kausa dihilangkan, kesembuhan 100% tidak mungkin terjadi, disebabkan pertumbuhan jaringan ikat yang membentuk jaringan parut. Kesembuhan akan disusl lagi dengan radang (eksaserbasi) akut yang kemudian berakhir pula dengan pembentukkan jaringan ikat.

Ditinjau dari sudut patogenesisnya, neprtis dapat terjadi secara heatogen maupun urogen, secara hematogen dapat bersifat supuratif atau non supuratif. Reaksi radang akan ditemuan didalam glomerulus, tubulus, atau pada jaringan ikat antara.



Nephritis Interstitials Kronis

Nephritis Interstitialis merpakan penyakit glomeruli primer atau sekunder yang umumnya ditemukan pada anjing dan kucing. Pada anjing dapat disebabkan karena infeksi Leptospira kanicola, Leptospira ichterhaemorhagika, Canine adenovirus I, dan Encephaltozoa cuniculi. Ginjal yang terkena dapat mengandung nodul dengan diameter 1 cm. Nodul dapat melekat pada permukaan ginjal. Secara histologis, lesi akan banyak ditempati oleh limfosit, kadang kadang sel plasma dan makrofag. Fibrosis yang progresif menghasilkan pembentukan jaringan ikat.

Lesi fokal dari nephritis interstitialis kronis terjadi pada banyak anjing yang berumur lebih dari 8 tahun. Sulit untuk menentukan agen etiologi dari nephritis interstitialis kronis adalah kasus tunggal.

Nephritis intertitialis sering kali tidak menimbulkan gejala klinis terutama pada sadium awal. Penyakit ini berjalan lambat dengan hilangnya jaringan ginjal sehingga menurunkan sedikit demi sedikit fungsi ginjal, atau nefron. Pada akhirya ginjal tidak dapat mengeliminas kotoran tubuh.



Gejala dan Diagnosis

Stadium awal dibentuk dengan meningktnya rasa haus dan kadang rasa lapar dan kekeurusan. Mungkin gejala akan tersamar dengan gangguan pencernaan. Mata terlihat cemas, kulit kusam dan hewan mengalami dehidrasi.

Pada stadium berikutnya diare dapat terjadi, pucat, dan poliuria dengan spesifik grafviti yang rendah. Diagnosis diteguhkan dengan adanya plidipsia, pliuria, urinalisis, dan terjadi uremia pada akhir penyakit.

Gejala utama dari uremia adalah muntah, temperatur tubuh yang dibawah normal sampai normal, congesti conjungtiva, dan perubahan perilaku. Gejala syarafi seperti depresi, kelemahan umum, dan kecenderungan untuk tidur, kadang timbul kekejangan otot. Nafas mulut berbau busuk. Nekrotik stomatitis atau glositis dengan ditandai degan ulcer di mukosa. Mungkin terjadi perubahan warna pada mulut dan gigi menjadi kecoklatan. Gejala lain yang tamak adalah konstipasi atau malah timbul diare yang mungkin dasertai darah, anemia hipoplastik sekunder, kekurusan dan mungkin eczema.



Patogenesis

Nefritis ini mulai dari dalam jaringan ikat sebagai jaringan ikat sebagai radang eksudatif dan produktif (edea, infiltrasi sel-sl radang, pertumbuhan fibroblas secara giat). Pertumbuhan sel-sel terjadi intertubuler, periglomeruler, dan paeri vaskuler. Radang ini biasanya tersebar secara lokal diseluruh ginjal, terutama didalam kortek.

Bila radang menjadi sub akut atau menahun maka banyak tubuli beratropi kemudian menghilang. Tempatnya diganti jaringan ikat. Atau pada sejulah tubuli ginjal terdapat pengelupasan menyerupai kista-kista. Glomeruli yang pada permulaan tidak dipengaruhi oleh infiltrat perigglomeruler kini memperlihatka adanya atropi, inaktivitas kemudian kolap. Atau pada sejumlah glomeruli memperlihatkan pertambahan serabut retikulum( glomeruloskerosis) dan pada dinding kapiler terbentuk butir lemak, zat-zat hialin atau zat polisakarid, juga sesekli terdapat endapan kapur. Dalam stadium ini kesembuhan 100% tidak mungkin teradi karena petambahn jaringan ikat membentuk jaingan parut. Kesembuhan ini sering kalidisusul dengan radang (eksaserbasi) akut, yang kemudian berakhir pula dengan pembentukan jaringan ikat. Akhirnya ginjal menjadi lisut, glomeruli dalam stadium ini beubah ubah dan tak dapat diketahui mana sesungguhnya perubahan mulai.

Nephritis interstisilias sering ditemukan pada ajing tua. Ginjal menjadi kecil dibandingkan dengan besar hewan. Permukaannya berbutir atau tidak rata, ada bagian yang tinggi dan keputihan (tubuli kontorti yang tumbuh giat), diantaranya terdapat bagian yang rendah yang berwarna pucat kelabu (jaringan ikat beretraksi). Konsistensinya keras dan pada bidang sayatan terdapat kortek yang tipis dan berlubang-lubang halus. Lubang lubang ini yang sesungguhnya tuuli yang meluas berupa kista yang tersebar diseluruh bidang sayatan.



Uremia

Menunjukkan gejala yang komplek akibat peuunan kerja fungsional ginjal. Penyakit ginjal mungkin dapat menyebabkan uremia jika kemampuan organ secara fungsional tidak terpenuhi.Pada gagal ginjal kronis Fungsi ginjal yang menurun dan menunjukkan gejala uremia jika lebih dari ¾ parekim ginjal mengalami kerusakan.

Lebih spesifik uremia dapat terjadi pada kasus Nefitis interstitialis, akut,sub akut dan,kronik glomerulonepfritis, ecalamsia, lupus eritrematous.

Gejala klinis yang komplek walaupun tidak selalu terjadi, umumnya datang setelah penurunan onset kerja ginjal. Periode laten terjadi dalam beberapa hari sampai minggu.Pada kejadian khusus seperti ksu polycystik ginjal, azotemia dapat nampak sejak lma sebeum gejala uremia nampak.

Gejala saraf mulai dari sakit kepala, vertigo, klemahan otot, apatis insomnia, Relek yang berleihan dapat terjadi namun reflek yang abnormal tidak terjadi kecuali ada komplikasi dengan enchepalomalasia.gejala tetani dapat tejadi yng diinisiasi ole asidosis atau alkalosis yang dapat mengakibatkan muntah dan overentilasi.

Gejala penceraan yang nampak adalah mulut yang mengering, dengan lidah tampak ungu atau coklat, ulceratf stomatitis, purpura dan pelonggaran gigi. Stomatittis menyebabkan mulut berbau busuk saat bernafas.Anoeksia, poldipsia nausea dan vomiting adalah tanda klinis uremia yang mungkin dikacaukan dengan gangguan saluran pencernaan.

Konstipasi dapat terjadi saat uremia, namun dapat timbul diare yang berhubungan dengan tenesmus, kejang dan perdarahan. Diare teradi karena tubuh melepaskan produk-prouksampah.

Salah satu ciri khas uremia adalah bau mulut saat bernafas. Mulut berbau amnia yang dihasilkan dari dekomposisi bakteri yang meningkat kerena adanya urea pada saliva.Nafas yang terengah-engah terjadi pada stadium asidosis.

*pustaka ada pada penulis

artikel terkait :
  1. Gejala Klinis dan Langkah Menentukan Diagnosa Gejala Peritonitis
  2. Diare ; Penyebab dan Mekanismenya
  3. Radang Mulut (Stomatitis) pada Hewan  
  4. Urolithiasis / Kencing Batu pada Anjing dan Kucing 
  5. Enteritis pada Hewan 
  6. Radang Lambung Pada Anjing dan Kucing (Gastritis pada Hewan Kecil) 
  7. Kucing : Faktor Penyebab Keguguran 
  8. Kucing ; Abnormalitas Kebuntingan
  9. Kucing : Karakteristik Kebuntingan Normal
  10. Kucing ; Kondisi Hormon pada Masa Kebuntingan