Pneumonia Aspirasi, Mengerti dan Lebih Siap dalam Menanganinya

Pada anjing muda yang tidak mendapatkan susu dari induknya, seringkali susu dari induk di gantikan dengan menggunakan susu formula dengan menggunakan "tube". Anjing muda yang minum susu pengganti dari botol inilah yang sangat rentan untuk mengalami pneumonia aspirasi karena seringkali anjing anjing tersebut diberikan susu dalam volume yang berlebihan, atau ujung botol yang masuk ke dalam rongga mulut bertempat bukan pada pangkal oesophagus melainkan pada pangkal trakhea. Kesalahan posisi ujung botol susu inilah yang menyebabkan masuknya susu formula ke dalam paru-paru dan hal ini berakibat pada kongesti dan pneumonia. Seekor anak anjing yang memiliki kelainan yaitu terdapatnya celah pada langit-langit rongga mulut sangat berkemungkinan untuk menghirup susu atau susu formula dan memasukkannya ke dalam paru-parunya.

Pada seekor anak anjing yang tersedak (aspirasi) susu formula biasa akan menunjukkan aliran susu formula keluar dari hidung dan terdapat cairan yang mengalir masuk ke dalam paru-paru. Pada kondisi yang lebih parah lagi, anjing akan mengalami kesulitan bernafas dalam waktu yang sangat singkat.

Semua kasus/kejadian pneumonia aspirasi memiliki potensi yang sangat serius. bahkan pada anak anjing yang hanya kemasukan sedikit susu formula pada paru-parunya biasanya akan berkembang menjadi infeksi bakteria pada paru-paru dalam jangka waktu beberapa hari. Anjing tersebut dapat sembuh atau mati bergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut.

Atropin sulfat membantu untuk mengontrol air liur yang timbul karena dirangsang oleh anestesi umum yang digunakan (misalnya, thiobarbiturates). Penggunaan tabung endotrakeal dengan manset karet mencegah aspirasi cairan selama operasi berjalan.

Hewan harus diam. Batuk produktif tidak boleh ditekan. Antibiotik spektrum luas harus digunakan pada hewan yang diketahui telah menghirup substansi asing, apakah itu menjadi cair atau uap yang mengiritasi, tanpa menunggu tanda-tanda pneumonia muncul. Perawatan dan pengobatan suportif yang dilaksanakan adalah sama seperti untuk pengobatan terhadap kasus/kejadian pneumonia menular.

Pada hewan kecil, terapi oksigen mungkin bermanfaat. Meskipun semua perawatan, prognosis buruk, dan upaya harus diarahkan pada pencegahan

*pustaka ada pada penulis